Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model Problem Based
Learning (PBL) terintegrasi Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat
meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas XI-3 SMA Negeri 2 Tegal
tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri 4 tahapan yaitu perencanaan
pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, observasi pelaksanaan pembelajaran,
serta refleksi pembelajaran. Penelitian ini bertempat di SMA Negeri 2 Tegal dengan
subjek penelitian adalah 33 peserta didik. Data yang diambil berupa hasil tes akhir
siklus, hasil observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa
implementasi model PBL terintegrasi CRT mampu meningkatkan motivasi belajar
peserta didik. Hal tersebut diketahui dari pengingkatan motivasi belajar peserta
didik. Selain hal tersebut, implementasi model model PBL terintegrasi CRT mampu
meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal itu dapat diketahui dari jumlah peserta
didik yang mencapai ketuntasan hasil belajar pada setiap siklus.

Keywords

PBL CRT Motivasi Hasil Belajar

Article Details