Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Student Team
Achievement Division (STAD) pada materi bangun ruang untuk meningkatkan keaktifan dan hasil
belajar peserta didik kelas VII SMPN 7 Tegal. Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua indikator keaktifan siswa
mengalami peningkatan. Peningkatan terbesar terlihat pada indikator menyatakan pendapat,
yakni naik sebesar 8,75% pada siklus pertama dan 15,32% pada siklus berikutnya. Hasil ini
terlihat dari keterlibatan siswa dalam sesi tanya jawab dan presentasi. Selain itu, hasil belajar
siswa juga meningkat dari pra-siklus hingga siklus 2. Kesimpulannya, penerapan model
pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada materi bangun ruang dapat
meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas VII SMPN 7 Tegal. Oleh karena itu,
guru dapat mempertimbangkan STAD sebagai alternatif dalam mengajar matematika.

Keywords

STAD Bangun Ruang Keaktifan Hasil Belajar

Article Details