Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan prestasi belajar
peserta didik kelas VIII D di SMP Negeri 1 Pangkah melalui penerapan model pembelajaran
cooperative learning metode team game tournament . Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII I SMP Negeri 1 Pangkah. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahap dalam tiap siklusnya, yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tekniks tes, observasi, dan pengamatan dokumentasi. Analisis data dalam
penelitian ini dilakukan terhadap data kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata siswa saat prasiklus Hasil penelitian ini
menunjukkan nilai rata-rata siswa saat prasiklus adalah 59,44 atau 59,46% dan mengalami
peningkatan menjadi 78,84% saat siklus I. Sementara itu, peningkatan menjadi 85,91% saat siklus
II. Nilai rata-rata yang dicapai siswa saat siklus II sudah melampaui kriteria ketuntasan minial
yang telah ditentukan, yaitu 80.

Keywords

cooperative learning team game tournament motivasi belajar prestasi belajar

Article Details