Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis dalam bahasa
Inggris dengan memanfaatkan media Flash Card untuk mengajarkan Simple Present Tense. Dua
siklus penelitian digunakan untuk menyelesaikan proyek penelitian tindakan ini. Subyek
penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas VII B SMP Negeri 2 Kota Tegal provinsi Jawa Tengah.
Data kuantitatif dan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dan kedua jenis data tersebut
dianalisis menggunakan metode deskriptif analitik. Pada pra siklus yang tuntas sebanyak 10
peserta didik atau 31,25% dari 32 peserta didik dengan nilai rata-rata peserta didik 58,91.
Berdasarkan temuan tersebut, kemampuan menulis dalam bahasa Inggris pada konten Simple
Present Tense terbukti mengalami peningkatan persentase ketuntasan belajar pada
pembelajaran siklus I. Ketuntasan minimal (KKM) sebesar 80% dan nilai rata-rata kelas 72,19
dengan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 14 orang atau 43,75% dari 32 peserta didik.
Oleh karena itu, siklus II harus dilaksanakan. Dengan 28 dari 32 peserta didik yang tuntas
belajar pada siklus II dan rata-rata kelas 87,50, persentase peserta didik yang tuntas belajar
meningkat menjadi 87,50%, melebihi KKM yang ditetapkan. Data yang diperoleh menunjukkan
bahwa upaya penggunaan Flash Card telah meningkatkan kemahiran peserta didik kelas VII B
dalam menulis konten Bahasa Inggris Simple Present Tense dan layak untuk digunakan dalam
pengajaran kelas di SMP Negeri 2 Kota Tegal, Provinsi Jawa Tengah.