Main Article Content
Abstract
Tujuan Penelitian untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan komunikasi ilmiah siswa
SMP Negeri 1 Tegal di kelas VIII G pada materi struktur bumi dan perkembangannya setelah
penerapan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Pairing Card melalui Penelitian
Tindakan Kelas. Hasil belajar kognitif Siklus I mencapai ketuntasan klasikal 68% dengan rerata
sebesar 72, sedangkan Siklus II sebesar 90% dengan rerata 78. Peningkatan hasil belajar kognitif
dari kondisi awal dengan Siklus II sebesar 70,6%. Hasil observasi kemampuan komunikasi ilmiah
peserta didik pada pra siklus masih memiliki kriteria kurang dan cukup, siklus I memiliki kriteria
cukup dan baik, dan pada siklus II memiliki kriteria baik dan baik sekali ditinjau dari enam
indikator. Sehingga model pembelajaran TPS berbantuan Pairing Card efektif meningkatkan hasil
belajar kognitif dan kemampuan komunikasi ilmiah peserta didik kelas VIII G SMP N 1 Tegal
dalam pembelajaran IPA.