Main Article Content
Abstract
Pembelajaran abad 21 ini melibatkan peserta didik dituntut harus memiliki keterampilan yang
menunjang dalam pembelajaran. Selain itu pada penerapannya setiap peserta didik harus bisa
bersaing secara global dimana itu ada dalam profil pelajar Pancasila pada kurikulum merdeka.
Salah satu keterampilan yang harus dimiiki oleh peserta didik yaitu keterampilan collaborative.
Keterampilan ini akan membuat peserta didik dapat bekerja sama, bertanggung jawab,
komunikasi dengan baik, kompromi serta fleksibilitas. Pada penelitian ini menggunakan
tindakan kelas pada penerapan problem based learning guna meningkatkan keterampilan
collaborative pada kegiatan membaca materi deskriptif teks dilakukan dikelas VII. Instrument
pada penelitian menggunakan angket serta observasi. Hasil yang ditunjukkan terlihat
peningkatan keterampilan collaborative pada peserta didik dengan menggunakan model
pemelajaran problem based learning. Peserta didik menonjolkan keterampilan collaborative
yaitu pada kerjasama dan komunikasi.