Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar
Pendidikan Pancasila materi Bhinneka Tunggal Ika melalui model Problem Based Learning. Motivasi
belajar diukur menggunakan observasi dan angket, sedangkan hasil belajar diukur dari hasil ulangan
siswa. Data dikumpulkan kemudian diinterpretasikan. Setelah itu dilaksanakan tindakan sebanyak 2
siklus. Hasil observasi awal, siswa menunjukkan motivasi yang rendah dilihat dari tindakan siswa
yang mudah jenuh saat mengikuti pembelajaran, terlihat mengantuk, menopang dagu, dan kondisi
kelas gaduh. Sehingga ketuntasan hasil belajar pra siklus hanya 27,77% dan mendapatkan rata-rata
nilai kelas 69,8. Setelah diberikan tindakan berupa model Problem Based Learning motivasi siswa
meningkat. Dalam praktiknya siswa sudah terlibat aktif dalam belajar, aktif dalam diskusi, mampu
bekerjasama dengan baik, saling bertoleransi, memiliki antusias dalam melakukan proses
pembelajaran sehingga hasil belajarnya meningkat. Pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa
meningkat menjadi 91,66% dengan rata rata nilai kelas 85,27.

Keywords

Hasil belajar Motivasi PBL

Article Details