Main Article Content
Abstract
Penelitian ini memilki tujuan guna meningkatkan keaktifan dan hasil belajar melalui model
Cooperative Learning Tipe Group Investigation dengan dua siklus penelitian tindakan kelas.
Subjek dalam penelitian ini sebanyak 30 peserta didik kelas VII E SMP Negeri 3 Tegal. Setiap
siklus dilakukan dalam dua pertemuan, setiap tahap kegiatan dilakukan dengan perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Untuk mengumpulkan data, digunakan observasi,
dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian pra siklus menunjukkan bahwa keaktifan belajar Peserta
Didik rata-rata 48,4%; hasil persentase pada siklus I sebesar 70,93% dan meningkat 85,06%
pada siklus II; hasil belajar pra siklus ketuntasan 30%; hasil belajar siklus 1 sebesar 73,3%; dan
hasil belajar siklus II sebesar 93,3%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan
model Copperative Learning tipe Group Investigasi dapat meningkatkan keaktifan belajar dan
hasil.