Main Article Content

Abstract

Penelitian ini menerapkan pendekatan problem-based learning (PBL) dan memanfaatkan lagu
sebagai media untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan dan pemahaman siswa dalam
pembelajaran bahasa Inggris. Dilakukan pada siswa kelas XI IPS 2, Semester Genap, SMA Negeri
3 Tegal, Tahun Pelajaran 2022/2023. Dalam beberapa siklus pembelajaran, siswa belajar melalui
lagu-lagu yang dipilih dengan cermat untuk mempertimbangkan lingkungan belajar dan tingkat
kesulitan kosa kata. Data dikumpulkan melalui tes awal dan tes akhir, serta observasi kelas,
catatan lapangan, dan wawancara dengan siswa sebagai sumber data pendukung. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pemanfaatan lagu dengan pendekatan PBL efektif meningkatkan
keterampilan mendengarkan dan pemahaman bahasa Inggris siswa. Penelitian ini memberikan
wawasan bagi pendidik tentang strategi pembelajaran yang bermakna dalam meningkatkan
keterampilan bahasa Inggris siswa.

Keywords

songs listening skill model pembelajaran berbasis masalah bahasa Inggris

Article Details