Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penerapan Model Project Based Learning (PjBL)
dan pemanfaatan media lagu dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang Simple Present
Tense di kelas XI IPS 4 Semester Genap SMA N 3 Tegal Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode
penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek
penelitian adalah siswa kelas XI IPS 4 yang terdiri dari 23 orang. Pada siklus pertama, dilakukan
perencanaan tindakan yang meliputi identifikasi masalah, penetapan tujuan, pemilihan media
lagu, dan penyusunan rencana pembelajaran. Pelaksanaan tindakan dilakukan dengan
menerapkan model PjBL dan menggunakan media lagu dalam kegiatan pembelajaran. Data
dikumpulkan melalui lembar observasi, angket, dan tes pemahaman. Data tersebut dianalisis
secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model PjBL dan pemanfaatan
media lagu memiliki dampak positif terhadap pemahaman siswa tentang Simple Present Tense.

Keywords

Project Based Learning media lagu Simple Present Tense Penelitian Tindakan Kelas

Article Details