Main Article Content

Abstract

Dalam komunikasi formal, terutama dalam bahasa Inggris, tata bahasa selalu penting. Dengan
bantuan metode Quiz-Quiz Trade, penelitian ini berupaya untuk mengetahui peningkatan
kemampuan tata bahasa pada Passive Voice khususnya pada bentuk Present Tense dan Past
Tense pada siswa kelas XI di SMA N 3 Tegal. Penelitian tindakan kelas merupakan pendekatan
penelitian yang digunakan disini. Penelitian ini dilakukan di SMA N 3 Tegal. Subyek penelitian
ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA N 3 Tegal yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diadakan dalam dua kali pertemuan. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Observasi dan Test. Kemudian, analisis
tindakan dilakukan di dalam kelas dengan menggunakan metode kualitatif, dan hasilnya
dipresentasikan sebagai skor kuantitatif. Temuan penelitian juga menunjukkan bahwa hasil
pembelajaran pra-tindakan untuk Passive Voice tidak terlalu tinggi. Pada siklus I terjadi
peningkatan persentase siswa yang menguasai materi setelah menggunakan strategi Quiz-Quiz
Trade namun belum cukup. Setelah mengenalkan variasi pada proses pembelajaran, peneliti
menggunakan teknik Quiz-Quiz Trade pada siklus II, dan terdapat peningkatan persentase hasil
belajar siswa yang cukup tinggi

Keywords

Passive Voice Problem Based Learning Quiz-Quiz Trade

Article Details