Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan penerapan media mind map untuk
meningkatkan motivasi mereka untuk belajar dan keterampilan menulis surat
pribadi pada siswa kelas VII B SMP Negeri 11 Tegal. Metode penelitian deskriptif
kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Data diperoleh melalui metode tes
menggunakan instrumen tes kinerja. Kemudian, data dianalisis dengan menggunakan
metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
keterampilan menulis surat pribadi siswa meningkat selama tiga siklus. Nilai siswa
meningkat sebesar 20% selama siklus I, dengan presentase rata-rata 80,6% termasuk
kriteria tinggi, dan naik lagi 20% selama siklus II, dengan presentase rata-rata 87,1%
termasuk kriteria tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar
dan keterampilan menulis surat pribadi siswa kelas VIIB SMP Negeri 11 Tegal dapat
ditingkatkan melalui penerapan media mind map.

Keywords

motivasi belajar keterampilan menulis surat pribadi mind map

Article Details