Main Article Content

Abstract

Maksud adanya riset atau penelitian yang dilakukan yaitu untuk mengetahui apakah
pembelajaran problem based learning dapat tingkatkan aktivitas belajar peserta didik dan juga
hasil belajar peserta didik. Peserta didik kelas x9 yang memiliki aktivitas belajar dengan kriteria
minimal baik sebesar 67%. Banyaknya peserta didik kelas x9 yang melaksanakan aktivitas belajar
pada siklus 1 dengan minimal kriteria baik sebesar 72%. Kemudian kegiatan siklus 2 peserta didik
yang melaksanakan aktivitas belajar dengan minimal kriteria baik Sebesar 83%. Riset atau
penelitian tersebut memberikan hasil bahwasanya terjadi peningkatan peserta didik dalam
melaksanakan aktivitas belajar setiap siklus. Hasil belajar peserta didik yang didapatkan dari
penelitian ini mengalami kenaikan. Peserta didik pada kegiatan pra siklus mendapatkan nilai ratarata sebesar 69,5. Hasil belajar peserta didik siklus 1 mengalami kenaikan dengan nilai rata-rata
hasil belajar sebesar 81,6. kegiatan pada siklus 2 hasil belajar peserta didik juga mengalami
kenaikan dengan memperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 89. Dari pemaparan hasil
penelitian maka model problem based learning dapat meningkatkan aktivita belajar dan juga hasil
belajar peserta didik pada materi industri keuangan non bank.

Keywords

Aktivitas Belajar Hasil Belajar Problem Based Learning (PBL)

Article Details