Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini yakni guna meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar
pada materi laporan keuangan perusahaan dagang kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga 3
SMK Negeri 2 Tegal dengan menerapkan metode pembelajaran Problem Based Learning. Subjek
penelitian ini adalah 35 siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga 3. Teknik pengumpulan
data memakai tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang dipakai mencakup
lembar observasi aktivitas belajar dan soal tes evaluasi. Pendekatan analisis data memanfaatkan
analisis deskriptif. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa dalam Siklus I, persentase
partisipasi belajar siswa tercapai pada 69%, kemudian meningkat 20% menjadi 89% dalam Siklus
II. Selanjutnya, rerata hasil belajar siswa dalam Siklus I tercatat sebesar 79 dan meningkat
menjadi 86 dalam Siklus II. Persentase pencapaian ketuntasan belajar klasikal dalam Siklus I
mencapai 71%, meningkat menjadi 91% dalam Siklus II. Dengan merujuk pada temuan penelitian
di atas, bisa ditarik suatu simpulan bahwasannya model pembelajaran Problem Based Learning
mampu meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada materi laporan keuangan
perusahaan dagang kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga 3 SMK Negeri 2 Tegal Semester
Genap Tahun Ajaran 2022/2023.