Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar dan
keaktifan peserta didik menggunakan pembelajaran model PBL. Kurang aktifnya
peserta didik dalam pembelajaran PPKn karena guru menggunakan metode
ceramah. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI OTKP 1 SMK Negeri 2
Tegal, dengan jumlah peserta didik 36 anak. Penelitian ini menggunakan model
Problem Based Learning (PBL) dengan metode Penelitian Tindakan Kelas yang
terdiri dari Siklus I dan Siklus II, dilaksanakan dua kali pertemuan dengan empat
kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan
data yaitu observasi, dokumentasi, tes, dan pengamatan. Hasil Prasiklus
menunjukan hasil rata-rata keaktifan siswa sebesar 7,6 dalam katagori cukup, siklus
1 mengalami kenaikan 11,7 dalam katagori baik, dan siklus 2 mengalami kenaikan
15,3 dalam katagori sangat baik. Hasil ketuntasan prasiklus adalah 53,3%,
ketuntasan siklus 1 adalah 66,6%, pada siklus 2 adalah 88,8. Disimpulkan bahwa
pembelajaran menggunakan model PBL dapat meningkatkan keaktifan dan hasil
belajar.