Main Article Content

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran
kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam konteks pembelajaran materi
cahaya dan alat optik pada siswa kelas VIII C. Paradigma pembelajaran kooperatif tipe STAD
diterapkan pada untuk meningkatkan otonomi dan mendorong keterlibatan dalam pembelajaran
materi cahaya dan alat optik. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus yang berbeda. Setiap siklus terdiri dari empat
tahap penting: persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Partisipan dalam penelitian ini terdiri
dari siswa Kelas VIII C di UPTD SPF SMP N 2 Tegal. Berbagai strategi pengumpulan data
digunakan untuk mengumpulkan, mengamati, mencatat, dan menguji informasi. Strategi analisis
data menggunakan pendekatan analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen utama
analisis: reduksi data, tampilan data, dan kesimpulan atau validasi. Temuan penelitian ini
menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa yang diamati antara
siklus I dan siklus II. Data menunjukkan bahwa skor rata-rata pada pra siklus adalah 68,81,
meningkat menjadi 74,47 pada siklus II, dan selanjutnya meningkat menjadi 81,11 pada siklus III.
Selain itu, ada peningkatan yang cukup signifikan antara siklus satu dan siklus dua, terbukti dengan
rata-rata hasil belajar 82,44 pada siklus dua dan 88,33 pada sesi berikutnya pada siklus dua. Selain
itu, peningkatan kemandirian belajar dan keterlibatan siswa tidak hanya meningkatkan hasil belajar,
tetapi juga menumbuhkan semangat belajar yang meningkat. Hal ini dibuktikan pada hasil angket
kemandirian memperoleh rata-rata 95% mereka mengalami peningkatan dalam hal kemandirian
belajar IPA, selain kemandirian juga terdapat peningkatan minat belajar IPA hal ini dibuktikan dari
antusiasme mereka dalam pembelajaran, 90% mereka terlibat aktif dalam pembelajaran IPA
menggunakan cooperative learning tipe STAD.

Keywords

Pembelajaran cooperative learning tipe STAD Hasil Belajar Kemandirian Minat Belajar

Article Details