Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik
kelas VII A UPTD SPF SMP N 12 Tegal pada mata pelajaran pendidikan Pancasila. Penelitian
ini dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games
Tournament (TGT) berbantuan dadu. Metode pengumpulan data penelitian ini
menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Sumber data meliputi sumber data primer
berupa hasil pretest dan post test serta sumber data sekunder berupa hasil observasi.
Teknik analisis data penelitian menggunakan kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Indikator
motivasi belajar meliputi (1) ketertarikan; (2) usaha untuk sukses; (3) ketekunan; dan (4)
rasa percaya diri. Indikator keberhasilan penelitian adalah 80%. Hasil penelitian
menunjukkan peningkatan motivasi belajar peserta didik pada akhir tindakan meliputi:
peserta didik dengan motivasi belajar yang kurang memiliki presentase 0%, peserta didik
dengan motivasi belajar cukup sebesar 32%, peserta didik dengan motivasi belajar tinggi
57%, dan peserta didik dengan motivasi belajar sangata tinggi mencapai 11%. Sementara
itu, hasil belajarpeserta didik pada siklus I meningkat sebanyak 43% dari kondisi awal
menjadi 57% dan di siklus II mencapai 19% dari siklus I, sehingga capaian hasil belajar
terhadap KKTP mencapai 86%.