Main Article Content
Abstract
Hasil belajar dan keaktifan peserta didik kelas X-3 SMA Negeri 4 Tegal pada mata
pelajaran ekonomi rendah di mana menghasilkan hasil belajar dengan nilai terendah 40, nilai
tertinggi 77,5, dan nilai rata-rata 57,5 dan keaktifan menunjukkan nilai 1,67 dengan kategori
sangat tidak aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil
belajar peserta didik dalam Mata Pelajaran Ekonomi di kelas X-3 SMA Negeri4 Tegal dengan
menggunakan Team Games Tournamnet (TGT). Tindakan dilakukan melalui Siklus I dan Siklus II.
Berdasarkan nilai pada kegiatan Prasiklus, Siklus I, dan Siklus II maka diperoleh hasil penilaian
terhadap asesmen peserta didik dalam mata pelajaran ekonomi. Ketuntasan klasikal hasil
belajar pada kegiatan Prasiklus, Siklus I, dan Siklus II sebesar 21%, 61%, dan 88% sedangkan
rata-rata hasil keaktifan peserta didik pada kegiatan Prasiklus, Siklus I, dan Siklus II sebesar
1,67, 2,47, dan 3,67. Hasil belajar dan kekatifan tersebut dapat menjelaskan bahwa dalam mata
pelajaran ekonomi melalui penerapan team games tournament mengalami peningkatan yang
baik.