Main Article Content

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar peserta
didik kelas XI-5 SMA Negeri 2 Tegal melalui penerapan pembelajaran Creative Problem Solving
(CPS) terintegrasi Culturally Responsive Teaching (CRT) pada materi Statistika 2. Penelitian ini
terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes evaluasi, angket, serta
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kreativitas peserta didik meningkat dari
yang semula mempunyai prosentase rata-rata skor 45,31% meningkat menjadi 65,96% pada
siklus I dan 80,46% pada siklus II, 2) Ketuntasan klasikal hasil belajar yang semula 38,89 %
meningkat hingga 69,44 % pada siklus I dan 88,89% pada siklus II. Penelitian dihentikan pada
siklus II karena sudah menunjukkan indikator ketercapaian yang ditentukan.

Keywords

Kreativitas Hasil Belajar Creative Problem Solving (CPS) Culturally Responsive Teaching (CRT) Statistika 2

Article Details