Main Article Content

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan
komunikasi ilmiah siswa SMP Negeri 1 Tegal di kelas VIII H pada materi campuran model
Problem Based Learning berbasis praktikum. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian
tindakan kelas, subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII H dengan jumlah 32 siswa. Hasil
belajar diukur menggunakan post test dengan soal pilihan ganda, kemampuan komunikasi
ilmiah lisan diukur menggunakan lembar observasi. Analisis data berupa kuanitatif dan
kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian terbukti pelaksanaan
pembelajaran dengan model PBL berbasis praktikum dapat meningkatkan hasil belajar dan
kemampuan komunikasi ilmiah siswa. Hal ini terlihat adanya peningkatan hasil belajar dari
12.5% menjadi 87.5% dan peningkatan kemampuan komuniasi ilmiah siswa dari kriteria
kurang dan cukup menjadi kriteria baik sekali. Data tersebut memberikan kesimpulan bahwa
pembelajaran menggunakan model PBL berbasis praktikum dapat meningkatan hasil belajar
dan kemampuan komunikasi ilmiah siswa materi campuran kelas VIII H Semester 2 SMP Negeri
1 Tegal.

Keywords

PBL Praktikum Hasil Belajar Kemampuan Komunikasi Ilmiah

Article Details