Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada
mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui penerapan model pembelajaran kontekstual
berbasis kearifan lokal di kelas VII B UPTD SPF SMP Negeri 15 Tegal. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi
guru dan peserta didik serta tes. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan
presentase ketuntasan belajar klasikal. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata
skor observasi peserta didik pada siklus I sebesar 43 dengan kategori baik dan pada siklus
II meningkat menjadi 55,5 dengan kategori baik sekali. Sementara itu, hasil belajar pada
siklus I nilai rata-rata kelas 77,25 dan ketuntasan belajar klasikal 67,74%. Pada siklus II,
hasil belajar meningkat dengan rata-rata nilai kelas menjadi 94,03 dan presentase
ketuntasan belajar klasikal 93,54%. Sehingga dapat disimpulkan, penerapan model
pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar peserta didik kelas VII B di UPTD SPF SMP Negeri 15 Tegal.

Keywords

Hasil Belajar Aktivitas Pembelajaran Kontekstual

Article Details