Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan keterampilan menulisteks cerita inspiratif peserta didik untuk ditingkatkan kembali menggunakan model
discovery learning dengan bantuan media flashcard berbasis budaya lokal. Metodepengumpulan data yakni observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitianini
menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada peserta didik dalamketerampilan menulis teks cerita inspiratif. Nilai rata-rata yang dicapai dalamtahappratindakan ini sebesar 54,2 dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakanmenggunakan model discovery learning dengan bantuan media flashcard berbasisbudaya lokal pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik meningkat
menjadi 68,8. Rata-rata pada siklus I belum mencapai rata-rata yang ingin dicapai, yaitu76, oleh karena itu dilakukan siklus II. Nilai rata-rata siklus II sebesar 77,5. Dengandemikian, terjadi peningkatan sebesar 8,7 atau 12,6%. Perolehan hasil ini menunjukkanbahwa pembelajaran menulis teks cerita inspiratif menggunakan model discoverylearning dengan bantuan media flashcard berbasis budaya lokal dapat dikatakanberhasil.