Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan penerapan dalam
model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) yang
berguna untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Pancasila kelas VIIC di SMPN 3 Tegal. Penelitian ini
menghasilkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila
siswa yang diamati pada siklus 1 menghasilkan belajar siswa secara klasikal
adalah 73% dan pada pertemuan kedua menghasilkan 77%. Sedangkan pada
rata-rata hasil belajar Pendidikan Pancasila adalah sebesar 80,6. Kemudian
pada siklus ke 2 pertemuan pertama menghasilakn keaktifan siswa 84% dan
pada pertemuan kedua 90%. Sedangkan pada rata-rata hasil belajar Pendidikan
Pancasila adalah sebesar 88,1.
Keywords
Keaktifan dan hasil belajar
Pendidikan Pancasila
Model pembelajaran kooperatif tipe NHT