Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan peningkatan minat dan hasil belajar peserta
didik kelas VII D SMP Negeri 3 Tegal pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen
penelitian terdiri dari posttest dan lembar observasi. Teknik analisis data dengan analisis
kuantitatif dan kualitatif. Indikator minat belajar berupa perasaan senang, keterlibatan,
ketertarikan, dan perhatian. Sedangkan indikator keberhasilan apabila melebihi 75%. Hasil
penelitian menunjukkan pada minat belajar meningkat dari 44% di kondisi awal, menjadi 65% di
Siklus 1, dan 89% di Siklus II. Sedangkan hasil belajar meningkat dari 47% di kondisi awal,
menjadi 73% di Siklus I, dan 87% di Siklus II. Hal tersebut membuktikan bahwa model
pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan minat dan
hasil belajar peserta didik kelas VII D SMP Negeri 3 Tegal pada mata pelajaran Pendidikan
Pancasila.

Keywords

minat belajar hasil belajar Pendidikan Pancasila kooperatif TGT

Article Details