Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatan minat dan hasil belajar
matematika peserta didik menggunakan model Project Based Learning berbantu Microsoft Excel
di kelas XI-06 SMA Negeri 2 Tegal. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis
kuantitatif untuk mengetahui persentase peningkatakan minat dan hasil belajar matematika.
Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah tercapainya nilai ketuntasan belajar sebesar
85% dan nilai rata-rata minat belajar peserta didik pada kategori sedang mencapai 71%.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siklus I dengan nilai rata-rata 72,8 dan
ketuntasan belajar 54% sementara siklus II diperoleh nilai rata-rata 81,8 dengan ketuntasan
belajar 86%. Sedangkan untuk minat belajar peserta didik pada siklus I diperoleh nilai rata-rata
74,93 yang tergolong dalam kategori sedang sementara siklus II yaitu diperoleh nilai rata-rata
84,14 yang tergolong dalam kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa peserta didik mengalami
peningkatan pada minat dan hasil belajar matematika.