Main Article Content
Abstract
Menulis puisi pada dasarnya adalah salah satu kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia yang
cukup sulit sehingga perlu suatu strategi pembelajaran yang tepat agar proses pembelajaran lebih
maksimal. Strategi Jelajah Alam Sekitar (JAS) sekolah diharapkan dapat membantu peserta didik untuk
memaksimalkan kegiatan menulis karena melibatkan pengalaman siswa ketika mereka melakukan
keegiatan sehari-hari di sekolah. Strategi ini bertujuan untuk meningkatan kegiatan menulis puisi dan
perubahan perilaku siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Kota Tegal. Kegiatan penelitian yang dilakukan
menunjukan hasil rata-rata nilai pada kondisi awal sebesar 50,1 yang berkategori sangat kurang,
setelah dilakukan penerapan strategi Jelajah Alam Sekitar (JAS) sekolah pada siklus I siswa
memperoleh nilai rata-rata 71,6 yang termasuk berkategori baik, sehingga terjadi peningkatan dari
kondisi awal ke siklus I sebesar 21,5%. Namun demikian, hal tersebut harus diperbaiki pada siklus II
sehingga nilai rata-rata siswa menjadi 85,3 yang berkategori sangat baik. Penelitian ini membuktikan
bahwa terdapat peningkatan sebesar 13,7%. Selain itu, pembelajaran menulis puisi dengan strategi
Jelajah Alam Sekitar (JAS) sekolah berhasil mengubah perilaku peserta didik menjadi lebih baik ketika
proses pembelajaran dilakukan.