Main Article Content
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini disusun dengan tujuan meningkatan motivasi belajar dan hasil
belajar peserta didik kelas X6 SMA Negeri 3 Tegal Tahun Pelajaran 2022/2023 pada pokok
bahasan industri keuangan non bank melalui model cooperative learning tipe teams games
tournament (TGT) dengan media crossword puzzle. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus. Pada
prasiklus peserta didik yang memiliki motivasi belajar minimal kategori baik hanya 12 peserta
didik. Pada siklus I, mengalami kenaikan menjadi 22 peserta didik dan pada siklus II dari total 35
peserta didik kelas X6, 30 peserta didik atau 86% memiliki motivasi minimal baik yang berarti
indikator keberhasilan penelitian sudah terpenuhi. Untuk hasil belajar, pencapaian pada prasiklus
sebesar 11% atau 4 peserta didik yang tuntas. Pada siklus I hasil belajar meningkat menjadi 57%
atau 20 peserta didik sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Pada pembelajaran siklus II
pencapaian hasil belajar meningkat lagi menjadi 86% atau 30 peserta didik memenuhi kriteria
ketuntasan minimal.