Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penulis yang ingin meneliti peningkatan
keterampilan menulis Teks Cerita Inspiratif pada siswa kelas IX A semester genap di SMP
Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal dengan menggunakan strategi pembelajaran Think Talk
Write. Melalui strategi pembelajaran Think Talk Write, peningkatan dapat dilihat secara proses
maupun produk. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX
A yang terdiri atas 32 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis. Penelitian ini
dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat kompetensi setiap siklusnya , yaitu
perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif
antara peneliti dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan keterampilan
menulis siswa kelas IX A SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal. Peningkatan tersebut
ditunjukan dari kualitas proses pembelajaran yang tercermin dari keaktifan, perhatian dan
konsentrasi siswa pada pelajaran.