Main Article Content

Abstract

Pembelajaran interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi, dan memberikan
ruang mengembangkan kreativitas merupakan proses pembelajaran yang baik. Namun di kelas
VII A pelaksanaannya kurang maksimal, dilihat dari aktivitas dan hasil belajarnya. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar peserta didik melalui model kooperatif tipe STAD. Hasil penelitian menunjukan
peningkatan aktivitas dan hasil belajar di kelas VII A setelah diterapkan tindakan menggunakan
STAD. Data aktivitas belajar menunjukan kondisi awal rata-rata hanya 55, naik menjadi 76 di
siklus I, dan 87,16 di siklus II. Selanjutnya hasil belajar, ketuntasan kondisi awal 46,47%,
meningkat 76,67% di siklus I, dan menjadi 86,67% pada siklus II. Penerapan STAD berhasil
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VII A SMP Negeri 3 Tegal materi
Bekerja Sama dan Bergotong Royong.

Keywords

STAD Aktivitas Hasil Belajar

Article Details