Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya meningkatkan motivasi dan keaktifan peserta
didik dengan melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis TPACK.
Melalui hasil observasi ditemukan motivasi belajar dan keaktifan peserta didik di kelas VIII C SMP
Negeri 11 Tegal yang cukup rendah. Ini dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang
monoton dan tidak menggunakan pendekatan yang sesuai untuk setiap materi pelajaran.
Penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based
Learning berbasis TPACK dapat meningkatkan motivasi dan keaktifan peserta didik di kelas VIII
C SMP Negeri 11 Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jumlah
sampel 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan observasi, pengamatan, wawancara
serta penyebaran angket secara (online) dan dokumentasi hasil belajar peserta didik. Hasil
penelitian dapat diketahui bahwa motivasi belajar dan keaktifan peserta didik dapat meningkat
setelah menggunakan model Problem Based Learning berbasis TPACK.