Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar belajar peserta didik kelas
XI AKL 3 SMK N 2 Tegal melalui model Problem Based Learning (PBL). Tipe riset ini merupakan
penelitian tindakan kelas dengan mempraktikkan model PBL yang dicoba melalui 2 siklus,
masing-masing siklus meliputi 2 pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tes dan non tes adalah teknik pengumpulan
data yang digunakan. Hasil dari penelitian ini dalam hal keaktifan belajar peserta didik yakni pada
siklus pertama pertemuan 1 menghasilkan jumlah skor 7,78 dan masuk dalm kategori cukup,
sedangkan pada siklus 1 pertemuan 2 mencapai kategori cukup pula dengan jumlah 9,28.
Kemudian pada siklus kedua pertemuan 1 menghasilkan jumlah skor 12,5 yang masuk dalam
kategori baik, dan mengalami kenaikan pada siklus kedua pertemuan 2 yang dapat mencapai
jumlah skor 15 dengan kategori baik. Kemudian jika dilihat dari hasil belajar pada siklus pertama
mencapai ketuntasan belajar klasikal sejumlah 72,22% kemudian meningkat pada siklus kedua
dengan ketuntasan belajar klasikal sejumlah 91,67%.