Main Article Content
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap kerjasama
peserta didik menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan terintegrasi Culturally
Responsive Teaching (CRT) di kelas XI-01 SMA Negeri 2 Tegal Semester Genap Tahun
Pembelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi, serta analisis refleksi. Penelitian ini bertempat di SMA Negeri 2 Tegal dengan
subjek penelitian adalah 36 peserta didik. Kesimpulan yang dapat diperoleh yaitu bahwa
penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dengan terintegrasi Culturally Responsive
Teaching (CRT) dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap kerjasama peserta
didik di kelas XI-01 SMA Negeri 2 Tegal Semester Genap Tahun Pembelajaran 2022/2023. Oleh
sebab itu, pembelajaran selanjutnya disarankan menggunakan model Problem Based Learning
(PBL) dengan Terintegrasi Culturally Responsive Teaching (CRT) agar hasil belajar serta sikap
kerjasama peserta didik dapat ditingkatkan.