Main Article Content
Abstract
Tujuan dari Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bahwa melalui model
Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan motivasi
belajar peserta didik pada materi Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar kelas
VII E SMP N 7 Tegal. Teknik pengumpulan data dilaksanakan secara sistematis dengan
menggunakan tes formatif kemampuan pemahaman konsep dan angket mengukur motivasi
belajar matematika. Pada siklus 1 dengan penerapan model Problem Based Learning, diperoleh
hasil tes kemampuan pemahaman konsep hanya mencapai 31,25%. sedangkan pada siklus 2
mampu mencapai 62,5%. Untuk penilaian motivasi belajar pada siklus 1 diperoleh hasil
21,875% sedangkan pada siklus 2 diperoleh hasil 6,25% yang masih memiliki motivasi belajar
rendah. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari siklus 1 sampai siklus 2 dan
mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan peneliti. Dengan demikian, peneliti menarik
simpulan bahwa dengan penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan
kemampuan pemahaman konsep dan motivasi belajar peserta didik.