Main Article Content

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar
kognitif peserta didik kelas VIII-A SMP Negeri 1 Pangkah dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran PPKn materi Sumpah
Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini
dilakukan dalam 2 (dua) siklus pembelajaran yang terdiri dari empat tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif
peserta didik kelas VIII-A SMP Negeri 1 Pangkah. Keaktifan peserta didik meningkat secara
signifikan setelah dilakukan tindakan yaitu dari memperoleh rata-rata klasikal 58 pada kondisi
awal, menjadi 66 pada siklus I dan menjadi 76 pada siklus II. Adapun rincian data pada siklus II
yang diperoleh adalah sejumlah 26 orang peserta didik atau 82% menunjukan aspek keaktifan
dengan rentang 71 s.d. 85 (5 orang peserta didik sangat aktif & 21 orang peserta didik memiliki
kualifikasi aktif. Hasil belajar kognitif peserta didik meningkat secara signifikan dari rata-rata
kondisi awal 71 menjadi 82,3 pada siklus I dan 87 pada siklus II. Tingkat ketuntasan hasil belajar
peserta didik meningkat dari kondisi awal 31,25% menjadi 66% pada siklus I dan menjadi 81%
pada siklus II. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran TPS pada kegiatan
pembelajaran PPKn dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas
VIII-A SMP Negeri 1 Pangkah.

Keywords

Keaktifan Hasil Belajar Kognitif Think Pair Share

Article Details