Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan strategi pembelajaran
diskusi kelompok kecil atau small group discussion dalam pembelajaran teks deskriptif dan apakah
strategi pembelajaran small group discussion dapat meningkatkan keterampilan membaca peserta didik
pada materi pembelajaran teks deskripsi atau tidak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik
observasi dan tes. Setelah dilaksanakan penelitian ini maka hasil yang diperoleh adalah hasil belajar
peserta didik pada setiap siklusnya: periode pra siklus ada 1 peserta didik tuntas belajar (3%), siklus I
ada 20 peserta didik tuntas belajar (62,5%) sedangkan siklus II meningkat menjadi 26 peserta didik
(97%). Rata-rata hasil pembelajaran meningkat dari 73 pada siklus I menjadi 87 setelah siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian, penerapan strategi pembelajaran diskusi kelompok kecil atau small group
discussion dalam pembelajaran teks deskripsi membantu peserta didik meningkatkan kemampuan
membacanya.