Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil
belajar peserta didik kelas VIII I materi Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika di
SMP Negeri 1 Pangkah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif berbasis kuis cerdas
cermat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas
VIII I SMP Negeri 1 Pangkah. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahap
dalam tiap siklusnya, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan
(observation) dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tekniks tes, observasi, dan pengamatan dokumentasi. Analisis data dalam
penelitian ini dilakukan terhadap data kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif berbasis kuis
cerdas cermat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VIII I. Hal ini
dapat dibuktikan dari hasil pengamatan dan penilaian hasil belajar yang menunjukkan adanya
peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada siklus II
rata-rata peserta didik memperoleh kriteria aktif. prasiklus, siklus I, dan siklus II juga
menunjukkan hasil yang positif. Pada siklus II Nilai rata-rata kelas yang dicapai siswa sudah
mencapai 81,03, melampaui nilai indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu 80. Presentase
ketuntasan pada siklus II mencapai 93,75%.