Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan
model Discovery Learning pada materi IPA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas,
subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII berjumlah 31 peserta didik. Kemampuan berpikir
kritis diukur menggunakan posttest dan menggunakan lembar observasi. Analisis data menggunakan
teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil posttest pada
pra siklus memiliki rata-rata 67,16 dengen presentase ketuntasan sebesar 41,94%, pada siklus I
memiliki rata-rata 68,45 dengen presentase ketuntasan sebesar 58,06%, dan pada siklus II memiliki
rata-rata 89,19 dengen presentase ketuntasan sebesar 90,32%. Pada hasil observasi kemampuan
berpikir kritis pada pra siklus masih memiliki kriteria rendah dan sedang, pada siklus I memiliki
kriteria sedang dan tinggi, dan pada siklus II memiliki kriteria tinggi dan tinggi sekali. Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Discovery Learning
dapat meningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi IPA

Keywords

Kemampuan Berpikir Kritis Discovery Learning IPA

Article Details