Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan grammar dalam materi
present continuous tense melalui media pembelajaran wordwall. Serta, untuk mengetahui
bagaimana penerapan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan kemampuan
grammar dalam materi present continuous tenes kelas 8 SMP Negeri 1 Kota Tegal. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian tindakan kelas (action research) yang terdiri dari dua siklus;
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari 32
peserta didik kelas 8B SMP Negeri 1 Kota Tegal. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan
penerapan wordwall sebagai media pembelajaran berhasil dilaksanakan dengan baik dan dapat
meningkatkan kemampuan grammar dalam materi present continuous tense. Berdasarkan hasil
kondisi awal atau pre-test peserta didik memperoleh hasil dengan rata-rata 56.56 meningkat
menjadi 76.06 ini berdasarkan hasil post-test pada siklus II. Sehingga terjadi peningkatan
sebanyak 61% setelah peneliti menerapkan media pembelajaran wordwall pada pembelajaran
grammar dalam materi present continuous tense.