Main Article Content

Abstract

Pembelajaran yang relevan bagi peserta didik adalah hal yang dibutuhkan bagi peserta didik
untuk membantu mereka dalam memahami suatu pembelajaran dengan mudah. Peneliti
menemukan sebuah permasalahan yang terdapat di kelas yang peneliti hadapi yaitu kelas VII E
SMP Negeri 2 Tegal. Permasalahan yang terdapat di kelas tersebut adalah rendahnya hasil belajar
menulis peserta didik menggunakan Bahasa Inggris dan motivasi belajar peserta didik yang
terlihat rendah. Berdasarkan teori, pembelajaran di luar kals menjadi solusi untuk menciptakan
pembelajaran yang relevan dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Tujuan dari peneliti
adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik dan motivasi belajar peserta didik menggunakan
pembelajaran di luar kelas. Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas dengan objek
penelitian 32 peserta didik dari kelas VII E yang akan diterapkan pembelajaran di luar kelas. Hasil
dari penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik yang meningkat pesat dari sebelum
diterapkanya pembelajaran di luar kelas dengan presentase ketuntasan kelas sebesar 9% menjadi
88% pada siklus I dan 97% pada siklus II. Motivasi belajar peserta didik juga mengalami
peningkatan, dalam aspek kebutuhan meningkat dari 40.6% menjadi 53.1%, dalam aspek minat
meningkat dari 40.6% menjadi 43.8%, dalam aspek tujuan meningkat dari 43.8% menjadi 50%,
dalam aspek efikasi diri meningkat dari 40.6% menjadi 46.9% dan aspek lingkungan meningkat
dari 40.6% menjadi 53.1%.

Keywords

Hasil Belajar Menulis Motivasi Belajar Pembelajaran di Luar Kelas

Article Details