Main Article Content

Abstract

Motivasi belajar akan mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Motivasi belajar matematika
kelas VII D di SMP N 7 Tegal masih termasuk rendah. Dari hasil Sumatif Tenagh Semester
menunjukan hanya ada 2 peserta didik yang tuntas dari 31 peserta didik. Untuk itu perlu
adanya pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. PEnelitian ini
bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VII D
di SMP N 7 Tegal melalui pembelajaran PBL berbasis game matematika. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini mencakup 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi, refleksi dan rencana tindak lanjut. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Hasil
penelitian tersebut adalah persentasi motivasi belajar meningkat dari 58% menjadi 78 % pada
siklus 2. Persentasi hasil belajar juga meningkat dari 53,80 % menjadi 87%. Sehingga
disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VII D setelah melakukan
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PBL berbasis game mateamtika
menjadi meningkat.

Keywords

Problem Based Learning Game Matematika motivasi dan hasil belajar

Article Details