Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan keaktifan peserta didik
dan hasil belajar dalam Mata Pelajaran Ekonomi di kelas X-5 SMA Negeri4 Tegal dengan
menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournamnet (TGT). Subyek penelitian adalah
peserta didik Kelas X-5 SMA Negeri 4 Tegal Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023.
Peneliti menggunakan metode tes dan non tes dengan indikator Kriteria Ketuntasan Minimal
Mata Pelajaran Ekonomi sebesar 70, ketuntasan belajar klasikal ditetapkan jika jumlah peserta
didik yang telah tuntas belajar perorangan dalam satu kelas telah mencapai sama atau di atas
70. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar
peserta didik ketika guru menggunakan metode pembelajaran Team Games Tournament (TGT).
Secara parsial metode pembelajaran Team Games Tournament (TGT) ini meningkatkan
keaktifan belajar peserta didik sebesar 50% terhadap keaktifan belajar peserta didik. Pada hasil
belajar, penggunaan metode pembelajaran Team Games Tournament (TGT) menigkatkan hasil
belajar 50% dengan nilai rata-rata kelas diatas 75.