Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menilai efektivitas Model Pembelajaran Problem Based
Learning dalam meningkatkan prestasi pembelajaran siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris
dengan tema "song".Penelitian ini melibatkan siswa kelas XI MIPA 2 di SMAN 3 Tegal dan
dilaksanakan melalui dua siklus. Hasil belajar siswa dikumpulkan melalui pre-test dan post-test
pada setiap siklus. Penemuan penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Problem
Based Learning berhasil secara bertahap meningkatkan hasil belajar siswa. Terdapat
peningkatan yang signifikan dari uji coba awal ke uji coba akhir siklus pertama, dan
peningkatan yang lebih besar dari uji coba akhir siklus pertama ke uji coba akhir siklus kedua.
Implementasi pola ini mengizinkan para siswa untuk berperan aktif dalam dialog, kemitraan,
dan tindakan pemecahan masalah, yang memberikan kontribusi pada pemahaman yang lebih
mendalam tentang materi Bahasa Inggris. Karena alasan ini, Strategi Model Pembelajaran
Problem Based Learning terbukti berhasil meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Bahasa Inggris dengan fokus pada tema "song". Hal ini dapat dianggap sebagai
langkah efektif dalam mengoptimalkan prestasi belajar siswa.

Keywords

Problem Based Learning English Language Education

Article Details