Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar matematika materi
bangun ruang pada siswa kelas 7 melalui penerapan model pembelajaran Team Games
Tournament (TGT). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
(PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas 7 di SMPN 7 Tegal. Penelitian dilakukan dalam dua
siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi
dan refleksi. Terjadi peningkatan kemampuan kerjasama siswa pada semua indikator yang
diukur. Peningkatan yang signifikan terlihat pada indikator "Menyelesaikan tugas kelompok
dengan efektif", dengan peningkatan sebesar 3,9% pada siklus pertama dan 24,2% pada siklus
kedua, peningkatan hasil belajar siswa dari tahap pra-siklus, siklus 1, hingga siklus 2. Pada tahap
pra-siklus, hanya 8 siswa yang mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar. Namun, pada siklus 1,
jumlah siswa yang mencapai ketuntasan meningkat menjadi 25 siswa. Pada siklus 2, terdapat
peningkatan lagi dengan 29 siswa berhasil mencapai ketuntasan hasil belajar.