Main Article Content
Abstract
Penelitian dilakukan dengan tujuan mengetahui pelaksanaan metode
pembelajaran diferensiasi dalam meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik di
kelas X-2 SMA Negeri 4 Tegal. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu kegiatan perencanaan, pelaksanaan,
tindakakan observasi, dan refleksi disetiap siklusnya. Subjek penelitian adalah peserta
didik di kelas X-2 SMA Negeri 4 Tegal yang berjumlah 35 peserta didik. Hasil yang
diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) adanya peningkatan minat peserta didik dari
siklus I sebesar 2,7 menjadi 3,7 pada siklus II. 2) Setelah menerapkan metode
pembelajaran diferensiasi dapat membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik
kelas X-2 SMA Negeri 4 Tegal dengan rata-rata nilai Siklus I sebesar 72 menjadi 82 di
siklus II. 3) Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan minat dan hasil belajar peserta
didik dengan menerapkan pembelajaran diferensiasi.