Main Article Content

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan mengetahui pelaksanaan metode
pembelajaran diferensiasi dalam meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik di
kelas X-2 SMA Negeri 4 Tegal. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu kegiatan perencanaan, pelaksanaan,
tindakakan observasi, dan refleksi disetiap siklusnya. Subjek penelitian adalah peserta
didik di kelas X-2 SMA Negeri 4 Tegal yang berjumlah 35 peserta didik. Hasil yang
diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) adanya peningkatan minat peserta didik dari
siklus I sebesar 2,7 menjadi 3,7 pada siklus II. 2) Setelah menerapkan metode
pembelajaran diferensiasi dapat membantu meningkatkan hasil belajar peserta didik
kelas X-2 SMA Negeri 4 Tegal dengan rata-rata nilai Siklus I sebesar 72 menjadi 82 di
siklus II. 3) Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan minat dan hasil belajar peserta
didik dengan menerapkan pembelajaran diferensiasi.

Keywords

Pembelajaran Diferensiasi Minat Hasil Belajar

Article Details