Main Article Content

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau
classroom action research. Siswa kelas VIII B SM N 11 Tegal yang berjumlah 32 orang
dijadikan sebagai subjek dalam penelitian. Hasil kemampuan kosakata siswa dari satu
kelas dengan jumlah keseluruhan sebanyak 32 orang siswa dengan pra siklus 41% ,
siklus I 69% dan siklus II 88%. Dari data tersebut secara keseluruhan kelas tersebut
mengalami peningkatan dalam penguasaan kosakata dari tiap siklus. Dan pada akhir
siklus yakni siklus II terlihat siswa sudah mencapai standar belajar yang telah
ditentukan. Jadi, proses pembelajaran yang dilaksanakan dikelas dikatakan tuntas
apabila 70% dari jumlah siswa mendapat nilai standar yaitu minimal atau sama dengan
50. Meningkatnya keterampilan siswa dalam melakukan kemampuan kosakata dalam
pembelajaran Bahasa Inggris adalah hasil dari penerapan VSS. Maka, dapat dikatakan
bahwa penerapan VSS dalam pembelajaran Bahasa Inggris terbukti dapat meningkatkan
kemampuan kosakata siswa.

Keywords

VSS Vocabulary Audio Visual

Article Details