Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan keterampilan
menulis teks cerita inspiratif dan perubahan perilaku peserta didik kelas IXD SMP Negeri 1
Pangkah dengan model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) berbantuan
media Flashcard. Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian tindakan kelas (PTK).
Hasil penelitian menujukkan hasil tes keterampilan menulis teks cerita inspiratif dengan model
CIRC berbantuan media flashcard mengalami peningkatan yang signifikan. Hasil ketuntasan tes
sebelum dikenai tindakan sebesar 22% dengan nilai rata-rata kelas 71,41. Pada siklus I sebesar
81% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 74,84 dalam kategori kurang. Pada siklus II, hasil
ketuntasan siswa sebesar 97% dengan nilai rata-rata sebesar 93,91 dan termasuk dalam
kategori baik. Siswa mengalami perubahan perilaku ke arah yang lebih baik yaitu pada aspek
keaktifan siklus I 13% sedangkan pada siklus II 94%. Pada aspek kerjasama siklus I 16% pada
siklus II 88%. Aspek semangat dan minat dalam pembelajaran siklus I 9% siklius II 91%. Dapat
disimpulkan bahwa model CIRC berbantuan media flashcars dapat meningkatkan hasil menulis
teks cerita inspiratif siswa dan dapat mengubah perilaku siswa ke arah yang baik ketika
pembelajaran.