Main Article Content

Abstract

Penelitian bertujuan meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik UPTD SPF SMP
Negeri 12 Tegal tahun ajaran 2022/2023 di kelas VII B materi bangun ruang melalui model
cooperative tipe TGT (team games tournament). Subyek penelitian adalah 25 peserta didik kelas
VII B yang terdiri 12 putra dan 13 putri. Penelitian dilakukan dengan 4 tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dalam dua siklus. Cara pengambilan data
dilakukan dengan test dan observasi. Penelitian ini menghasilkan peningkatan keaktifan peserta
didik, siklus I ke siklus II persentase yang didapatkan 24% menjadi 76%. Hasil belajar meningkat
ditandai dengan persentase ketuntasan belajar peserta didik yang meningkat pada siklus I ke
siklus II, yaitu 52% menjadi 72%. Ternyata model cooperative tipe TGT (team games tournament)
dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada materi bangun apabila diterapkan pada
peserta didik.

Keywords

kekatifan hasil belajar team games tournament

Article Details