Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik UPTD SPF SMP
Negeri 12 Tegal tahun ajaran 2022/2023 di kelas VII B materi bangun ruang melalui model
cooperative tipe TGT (team games tournament). Subyek penelitian adalah 25 peserta didik kelas
VII B yang terdiri 12 putra dan 13 putri. Penelitian dilakukan dengan 4 tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dalam dua siklus. Cara pengambilan data
dilakukan dengan test dan observasi. Penelitian ini menghasilkan peningkatan keaktifan peserta
didik, siklus I ke siklus II persentase yang didapatkan 24% menjadi 76%. Hasil belajar meningkat
ditandai dengan persentase ketuntasan belajar peserta didik yang meningkat pada siklus I ke
siklus II, yaitu 52% menjadi 72%. Ternyata model cooperative tipe TGT (team games tournament)
dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada materi bangun apabila diterapkan pada
peserta didik.