Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model
experiential learning dalam peningkatan keterampilan menulis puisi, (2) meningkatkan
keterampilan menulis puisi melalui penerapan model experiential learning pada siswa kelas X3
SMA Negeri 3 Tegal. (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model experiential
learning dalam peningkatan menulis puisi.
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan selama
due siklus. Setiap pertemuan terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X3 SMA Negeri 3 Tegal yang berjumlah 36 siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik tes dan nontes. Validasi data menggunakan
triangulasi Teknik dan sumber. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil peneliti in adalah: (1) langkah penerapan model experiential learning dalam peningkan
keterampilan paisi yaitu: (a) concrete experience (pengalaman nyata), (b) reflection observation
(observasi refleksi), (c) abstract conceptualization (penyusunan konsep abstrak), dan (d) active
experimentation (eksperimen aktif); (2) penerapan model experiential learning dalam
pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi yang dibuktikan dengan
ketuntasan hasil belajar siklus I= 91,42% dan siklus II 100% dan (3) kendala penerapan model
experiential learning dalam peningkatan keterampilan menulis puisi yaitu: (a) penerapan langkah
pertama kurang optimal, (b) siswa kurang aktif dalam berpendapat, dan (c) siswa kurang percaya
diri dalam menulis puisinya, solusi dari kendala tersebut yaitu: (a) memaksimalkan langkah
pertama, (b) memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih aktif, dan (c) memberikan simulasi
menulis puisi dan dorongan kepada siswa.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan experiential learning dalam
pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi.