Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik dalam
keterampilan berbicara pada kelas VII A SMP N 2 Tegal dalam menggunakan metode Teams Game
Tournament. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan komponen perencanaan,
implementasi, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi,
performance, penilaian pada keterampilan berbicara dan kepercayaan diri menggunakan teknik
analisi deskriptif kualitatif.
Pembelajaran kooperatif model Teams Game Tournament memiliki dampak positif dalam
meningkatkan kepercayaan diri peserta didik yang berdampak juga pada keterampilan beribicara
Bahasa Inggris, semakin baik kepercayaan diri akan semakin baik pada keterampilan berbicara.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa mengalamai peningkatan pada setiap siklus, pada Prasiklus
dengan persentase kategori Kurang (65%) Baik (35%) Baik Sekali (0%), pada Siklus I ialah
Kurang (19%) Baik (63%) Baik Sekali (19%) sedangkan pada Siklus II Kurang (0%) Baik (56%)
Baik Sekali (44%).