Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penggunaan media
pembelajaran monopoli pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dapat meningkatkan
motivasi dan hasil belajar peserta didik di kelas VII F UPTD SPF SMP Negeri 15 Tegal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan
data melalui wawancara tak terstruktur, angket, observasi partisipatif, tes dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil
penelitian, penggunaan media pembelajaran monopoli dalam mata pelajaran Pendidikan
Pancasila dapat meningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VII F UPTD SPF
SMP Negeri 15 Tegal. Persentase motivasi belajar pada siklus I sebesar 60.32% meningkat
hingga 31.77% pada siklus II menjadi 92.06%. Kemudian peningkatan hasil belajar
ditunjukan dengan perolehan persentase ketuntasan nilai peserta didik pada pra siklus yang
semula 54.80% meningkat pada siklus I sebanyak 29.1% menjadi 83.90% dan mengalami
peningkatan sebesar 9,6 % pada siklus II menjadi 93.50%,nilai rata-rata hasil belajar
meningkat dari siklus I yakni 84.19 menjadi 87.09 pada siklus II.

Keywords

Monopoli Motivasi Hasil Belajar

Article Details